Thursday, November 08, 2007

Belajar untuk mandiri

Kita, manusia memang hakikatnya adalah makhluk sosial yang tidak akan pernah bisa lepas dari peran manusia ataupun makhluk lain. baik itu dari sisi kebutuhan jasmani maupun rohani. contohnya saja kita makan, kita pasti akan membutuhkan peran manusia lain, baik itu petani yang menghasilkan beras dan sayur2an, pedagang yang menjual masakan2nya dan lain sebagainya..

Jika melihat sehelai baju saja kita pasti bisa membayangkan, entah berapa manusia yang telah berperan dalam menciptakan sebuah baju yang kita pakai sekarang ini, mulai dari pemintal kain, tukang jahit, tukang sablon, penjual baju dll..

Memang jika mengacu pada pemaparan diatas, kita itu tidak akan pernah bisa lepas dari peran orang lain, namun disisi lain kita tetap harus bisa mandiri, karena kebersamaan kita dengan orang lain itu pasti tidak akan selamanya... ada kondisi dimana kita seorang diri, ada kondisi dimana kita memang membutuhkan sesuatu yang cepat dan jika bukan kita sendiri yang melakukanya pada saat itu.. maka kita pasti akan menyesal.

1 comment:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.